Webinar : United Kingdom Conformity Assessed (UKCA)

Webinar : United Kingdom Conformity Assessed (UKCA) dan Update Sertifikasi Emisi Formaldehida di Amerika

Jakarta (12/8/2021) APKINDO bekerjasama dengan PT. Mutuagung Lestari (PT. MAL) menyelenggarakan Webinar United Kingdom Conformity Assessed (UKCA) dan Update Sertifikasi Emisi Formaldehida di Amerika dan Japan Agricultural Standard.  Acara yang dilakukan secara daring ini dibuka oleh Bapak Dr.Ir.Bambang Soepijanto selaku Ketua Umum APKINDO dan disusul oleh sambutan dari Bapak Sumarna-Dir. Keuangan dan SDM PT. MAL.  Hadir sebagai pembicara dalam webinar adalah Bpk. Dudi Iskandar -Vice President Forest Products Certification dan Bapak James Apituley-Deputy Director Forest Product Certification PT. MAL.  

Webinar yang berlangsung selama 3 jam ini diikuti oleh sekitar 38 peserta yang mewakili perusahaan anggota APKINDO dan dari ILWA yang  mengekspor produknya ke pasar Eropa, UK, Amerika dan Jepang.  Sesi presentasi diawali oleh Bapak Dudi Iskandar yang secara khusus membahas mengenai sertifikasi UKCA, CE Marking, disusul kemudian informasi mengenai Sertifikasi formaldehida di Amerika dan Jepang yang disampaikan oleh Bpk James. Pada sesi Q & A, diisi tanya jawab peserta kepada pemateri yang dipandu oleh Moderator Bpk. Ony Hindra Kusuma (DP APKINDO Bidang Bahan Baku, Produksi dan Pemasaran).

Dari informasi yang diperoleh dalam webinar, 8 perusahaan anggota APKINDO sudah apply dan sedang dalam proses untuk sertifikasi UKCA dan diharapkan, semua proses sudah selesai dengan lancar hingga diberlakukannya sertifikasi UKCA secara resmi pada 1 Januari 2022; sehingga bagi perusahaan yang mengekspor ke UK wajib menggunakan sertifikasi UKCA dan yang mengekspor ke EU menggunakan CE Marking.  Sertifikasi UKCA prinsipnya sama dengan CE Marking sehingga bagi perusahaan yang sudah memiliki CE Marking tidak akan sulit untuk menerapkan UKCA ini.  Di tengah masa pandemi ini, proses assesment beberapa perusahaan dilakukan secara remote (daring) terutama untuk perusahaan yang telah lama menggunakan sertifikasi atau sedang surveilance saja namun hal tersebut sulit diterapkan untuk perusahaan yang baru mengajukan untuk sertifikasi.

Berikut beberapa foto saat webinar berlangsung.  Materi presentasi webinar akan dikirimkan via email peserta.