Webinar SIPUHH 2021

Webinar Pembekalan SIPUHH tahun 2021 Sektor Hulu sampai dengan Hilir

 Kamis (14/1/2021) melalui media zoom meeting, APKINDO kembali mengadakan Sosialisi Pembekalan SIPUHH untuk sektor hulu sampai dengan hilir. Acara ini merupakan agenda awal tahun 2021 APKINDO (Bidang Umum dan R&D). Acara ini diikuti 300 peserta pelaku usaha sektor hulu hingga industri di hilir dari seluruh penjuru tanah air.

Menurut Ir. Teguh Widodo, M.Si selaku Direktur Iuran dan Peredaran Hasil Hutan-Ditjen PHPL KLHK yang mengisi sesi pembuka, acara ini sangat tepat mengingat SIPUHH per Januari 2021 ini merilis versi ke-3 (generasi ke-3). Pada bagian awal sambutannya beliau mengingatkan kembali 2 aspek penting dalam pemanfaatan hasil hutan yakni kewajiban pelaku usaha antara lain menyusun rencana,melaksanakan kegiatan nyata di lapangan, Penataan Areal Kerja,Mempekerjakan Tenaga Teknis,Membayar Iuran, Melaksanakan sistem silvikultur,Melaksanakan Penatausahaan Hasil Hutan. Juga diingatkan kembali mengenai hak-hak atau manfaat yang diperoleh antara lain Pendampingan / fasilitasi dan pelayanan.

Selanjutnya Ir. Teguh Widodo menjelaskan bahwa terkait SIPUHH pemerintah selalu meningkatkan sistem dan infrastruktur secara bertahap dan berkelanjutan. Generasi 1 sistem SIPUHH yang diluncurkan pada tahun 2009 memang masih dikhususkan untuk HPH dengan AAC di atas 60.000 m3 per tahun dengan sifat semi self assessment lalu disusul peningkatan dengan Generasi 2 tahun 2016 dengan perluasan penggunan untuk seluruh pelaku pemanfaatan hasil hutan dengan fully self assessment dan Generasi 3 tahun 2021 ini diterapkan untuk seluruh jenis perizinan dan pembangunan DRC (Disaster Recovery Center).

Di akhir paparannya Ir.Teguh mengingatkan bahwa dari hasil evaluasi, ditemukan bahwa human error yang paling sering terjadi pada penerapan sistem SIPUHH adalah 70% pada kesalahan pembuatan buku ukur lalu kesalahan pembuatan DKB/DKO, penerbitan SKSKH KB/KO. Hal-hal ini perlu mendapat perhatian dari semua pihak terutama pengguna.

Sesi kedua diisi paparan dari Bapak Komaruddin SIP,MM yang menekankan pada hal teknis SIPUHH antara lain skema dokumentasi, bisnis proses SIPUHH, skema di hilir dan hulu, tata cara pencatatan, dan hal-hal terkait “New SIPUHH 2021”. Di bagian akhir beliau memberikan tips bertransaksi aman di SIPUHH.  

Materi presentasi kedua narasumber bisa diunduh pada link berikut ini.

bispro-SIPUHH-APKINDO2021.pptx

SIPUHH-Apkindo-KSD-2021-fix.pptx