Sosialisasi Sistem Pelaporan Elektronik Pengelolaan Limbah B3

Sosialisasi Sistem Pelaporan Elektronik Pengelolaan Limbah B3 (SiRAJA LIMBAH)

APKINDO Jakarta (24/3/2021) 'Dunia usaha harus mengelola limbah apapu dari proses industrinya dengan integritas tinggi; maksudnya tetap dijalankan sesuai prosedur, baik dilihat maupun tidak dilihat; demikian pernyataan Dr.Ir. Bambang Soepijanti,MM, IPU selaku Ketua Umum APKINDO pada pembukaan Sosialisasi Sistem Pelaporan Elektronik Pengelolaan Limbah B3 atau yang lebih dikenal dengan SiRAJA LIMBAH.  Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa hal tersebut perl;u diperhatikan betul karena hingga saat ini, masalah pengelolaan limbah (terutama B3) masih menjadi sorotan publik baik untuk indusdtri dalam negeri maupun di seluruh dunia.  Salah satu hal yang bisa mendorong berjalannya pengelolaan limbah adalah fungsi  kontrol dari pemerintah.  Hal itulah yang menjadi salah satu latar belakang dibangunnya sistem pelaporan elektronik SiRAJA LIMBAH yakni selain untuk memudahkan pelaku usaha untuk melaporkan jalannya sistem pengelolaan lombahnya juga untuk memudahkan pemerintah menjalankan fungsi kontrolnya.

Acara sosialisasi kali ini menghadirkan pembicara tunggal Ibu Herbita Simanjuntak, S.Si.MT  dari Direktorat Penilaian Kinerja Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3, Ditjen PSLB3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  Sosialisasi ini diikuti sekitar 257 peserta dari seluruh Indonesia yang mewakili perusahaan anggota APKINDO dan perusahaan lain yang konsen terkait masalah pengelolaan limbah B3.  Selain diisi dengan paparan materi dari pembicara, sosialisasi juga memberi kesempatan kepada peserta untuk bertanya jawab dengan narasumber.

Rencananya, APKINDO masih akan menyelenggarakan serangkaian sosialisasi terkait pengengolaan lingkungan di akhir Maret 2021.  Sosialisasi tersebut juga terbuka untuk umum secara gratis.

(grb)